Widget HTML Atas

Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi, Tips dan Trik serta Kisi-Kisi Pertanyaan dalam Pendampingan


Tips dan Trik serta Kisi-Kisi Pertanyaan dalam Pendampingan Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi

-Hadi Kurniawan-

  

Asesmen Lapangan (AL) / Visitasi secara Daring telah di sampkaikan di Aula LPPPM Untan oleh H.A. Oramahi dan Hery Sujani (UPT TIK Untan).

    

     1.    AKREDITASIPROGRAM STUDI

Akreditasi dilakukan terhadap Program Studi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang mengacu pada Permendikbud No. 3 Tahun 2020. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Penelitian, dan Standar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

Standar Nasional Pendidikan Tinggi bertujuan untuk:

  a. menjamin tercapainya tujuan Pendidikan Tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;

    b.    menjamin agar Pembelajaran pada Program Studi, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi;

    c.    mendorong agar Perguruan Tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat melampaui kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi secara berkelanjutan.

Standar Nasional Pendidikan Tinggi wajib dijadikan dasar penetapan kriteria sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi.

 

     2.    PERPANJANGAN AKREDITASI

Jangka waktu berlakunya akreditasi program studi selama 5 tahun. BAN-PT akan memperpanjang kembali jangka waktu akreditasi selama 5 tahun tanpa melalui permohonan perpanjangan akreditasi (auto).

Perpanjangan akreditasi diterbitkan apabila memenuhi ketentuan:

           a.    Jumlah Dosen minimal 5 orang;

  1. Memiliki mahasiswa yang terdaftar pada PDDikti;
  2. Rasio dosen dan mahasiswa paling tinggi 1:60 untuk S1 dan Diploma, 1:20 untuk S2, dan 1:10 untuk S3.

 

Peringkat akreditasi yang telah diberikan dapat ditinjau kembali apabila:

    a.    menurunnya jumlah peminat/pendaftar dan atau lulusan pada program studi selama 5 tahun berturut-turut berdasarkan data pada PDDikti.

     b. terdapat laporan pengaduan Masyarakat atas dugaan pelanggaran penyelenggaraan Pendidikan tinggi.

Program studi yang telah memiliki akreditasi baik dan akan menaikan peringkat Akreditasi ke peringkat baik sekali atau peringkat unggul dapat mengusulkan Akreditasi ulang (reakreditasi).


3.    AL SECARA DARING

    a.    Mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan Perguruan Tinggi sebagai dasar dalam penilaian kriteria akreditasi program studi/PT;

     b.   Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan AL daring mampu menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);

    c. Proses wawancara, konfirmasi data dan informasi dilakukan dengan video conference dengan modality on line meeting (ZOOM); Asesor sebagai host.

     d. Data dukung harus disediakan dalam bentuk soft copy dalam sistem informasi perguruan tinggi (PT).

 

4.    TAHAPAN PROSES

        a.    Dewan Eksekutif BAN-PT (DE) menyampaikan penewaran AL secara Daring  (3 minggu sebelum AL daring);

  1. PT menyampaikan persetujuan pelaksanaan AL secara daring;
  2. DE mememberitahu pelaksanaan AL ke PT dan asesor (7-10 hari) sebelum pelaksanaan;
  3. PT/prodi mengunggah semua dokumen data dukung ke google drive dan menyampaikan link akses ke asesor;
  4. Prodi menyampaikan nomor kontak PiC (person in charge) kepada asesor;
  5. Asesor melakukan konsulidasi pra AL (H-3) melalui video conference: penyiapan laporan AK (asesmen Kecukupan) terkonsulidasi dan kesepakatan butir-butir yang akan dilakukan klarifikasi serta draf berita acara visitasi;
  6. Asesor menyampaikan daftar butir-butir yang akan diklarifikasi ke PT melalui PiC;
  7. Prodi menyiapkan data/informasi yang diperlukan asesor (H-2);
  8. Pelaksanaan AL: membuat BA AL (H-H+1) melalui video conference;
  9. Validasi oleh DE.

5.    DOKUMEN YANG PERLU DISIAPKAN

KRITERIA 1:

-       Statuta Untan (Permenristek dikti No 74 Tahun 2017)

-       SOTK Untan (Permendikbud No. 28 Tahun 2015)

-       RENSTRA Untan dan Rentra Fakultas 2015-2019

-       RENOP

-       Bukti ketercapaian Visi Misi (pendekatan ke LAKIP dan RENSTRA)

-       Daftar hadir, notulensi dan foto saat penyusunan visi dan misi (melibatkan pemangku kepentingan)

-       Kuisioner pemahaman visi misi

-       Buku Pedoman Akademik

-       Bukti penelitian yang terkait visi misi

 

KRITERIA 2

-       Statuta Untan (Permenristek dikti No 74 Tahun 2017)

-       SOTK Untan (Permendikbud No. 28 Tahun 2015)

-       Kode Etik Dosen, Kode Etik Mahasiswa dan Kode Etik Tendik

-       Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI dan Formulir SPMI

-       SK Penjaminan Mutu

-       Bukti AMI dan bukti tindak lanjutnya

-       SOP Penanganan Pelanggaran Etik Dosen dan Tendik

-       SOP terkait tata pamong, kepemimpinan dan penjaminan mutu

-       Bukti umpan balik dari dosen (dari Rapat, EDOM atau survey kepuasan)

-       Bukti Umpan Balik dari Mahasiswa (hasil ELOM dan EDOM)

-       Bukti Umpan Balik dari Alumni (hasil Tracer Study)

-       Bukti Umpan Balik dari Pengguna Lulusan (hasil kuisioner dari Pengguna Lulusan)

-       SOP: planning, organizing, staffing, leading, controlling

 

KRITERIA 3

       Data Mahasiswa

       Bukti Penghargaan Mahasiswa: foto, sertifikat atau SK

       Bukti Tracer Study

       Bukti Kegiatan Alumni

       Bukti Partisipasi alumni dalam bidang akademik dan non akademik

 

KRITERIA 4

       Bukti SKP dosen dan Tendik

       Bukti BKD, Bukti Edom

       Bukti upaya peningkatan kualifikasi dan kompetensi tendik

       SOP terkait dengan kenaikan pangkat

 

KRITERIA 5

       SK tentang Pemberlakuan kurikulum KKNI

       Bukti: Pengembangan dilakukan secara mandiri dengan melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal dan memperhatikan visi, misi, dan umpan balik program studi.

       Bukti: Pembaharuan kurikulum dilakukan sesuai dengan perkembangan ilmu di bidangnya dan kebutuhan pemangku kepentingan.

       Satuta Untan: Kebijakan lengkap mencakup informasi tentang otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan kemitraan dosen-mahasiswa, serta dilaksanakan secara konsisten.

 

KRITERIA 6

       Bukti: Kalau prodi dilibatkan dalam melaksanakan perencanaan alokasi  dan pengelolaan dana

       Bukti buku teks, jurnal prosiding, srkripsi, tesis dan disertasi

 

KRITERIA 7

       Bukti bahwa mahasiswa ikut penelitian dosen

       Bukti: Mahasiswa terlibat penuh dan diberi tanggung jawab dalam PkM

       Bukti kejasama dalam negeri

       Bukti kerjasama luar negeri

6. WAWANCARA

Wawancara merupakan salah satu agenda penting dalam proses visitasi akreditasi untuk mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan Perguruan Tinggi/prodi yang dituangkan dalam kriteria/borang akreditasi sebagai dasar dalam penilaian kriteria akreditasi program studi/Perguruan Tinggi. Wawancara dapat dilakukan kepada pihak terkait seperti mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dosen, tendik, dan orang tua.

Berikut ini beberapa tips dan trik serta kisi-kisi pertanyaan semoga sedikit memberikan gambaran pertanyaan yang mungkin diajukan dalam prosesi wawancara.

 

A.   MAHASISWA

Wawancara kepada mahasiswa terkait prestasi mahasiswa serta pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa. Memilih mahasiswa yang tepat untuk diajukan untuk diwawancarai adalah kunci penting dalam suatu wawancara sukses. Siapkan beberapa mahasiswa yang memiliki kelebihan dan berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik, misalnya:

1)    Mahasiswa yang memiliki IPK tinggi;

2)    Mahasiswa berprestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah;

3)    Mahasiswa berprestasi dibidang soft skill dalam penelitian dan lomba krya ilmiah, Proram Kreativitas Mahasiswa (PKM), berwirausaha, serta aktif di organisasi kemahasiswaan seperti BEM, HMJ, dan UKM minat bakat serta keagamaan;

4)    Mahasiswa berprestasi dalam Minat dan Bakat: misalnya prestasi di olahraga dan seni.

Siapkan mahasiswa yang masing-masing memiliki prestasi tersebut di atas. Poin penting lain selain memilih mahasiswa yang tepat dan memiliki prestasi tertentu adalah pilih mahasiswa yang aktif dan memiliki skill komunikasi yang baik dan lancar.

Pertanyaan yang mungkin muncul untuk mengkonfirmasi dan klarifikasi terhadap pengisian kriteria/borang akreditasi:

   1.    Terkait sarana-prasarana juga akan ditanyakan. Ditanya ruang dosen seperti apa, berdesakan atau tidak, privasi tidak saat bimbingan, hal ini juga biasa dikonfirmasi asesor kepada mahasiswa. Mahasiswa juga jangan sampai salah menjelaskan. Jelaskan yang sesuai standar terbaik, pilih fasilitas, sarana prasarana dengan kondisi ideal yang kita miliki untuk dijelaskan.

    2.    Pemahaman visi misi Prodi, Fakultas dan visi misi Universitas harap untuk difahami maknanya bila perlu dihafalkan, dari mana saja mahasiswa mengetahui sosialisasi tentang visi misi? Apakah dari web, dipasang di sudut-sudut kampus, dlsb. Tim pengisi kriteria 1 dapat menjelaskan dan memberikan print out kepada mahasisiwa untuk dipelajari dan dihafalkan.

     3.    Asesor juga bisa bertanya terkait Proses pembelajaran kurikulum kite bagaimana, termasuk evaluasi layanan oleh mahasiswa (ELOM), evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM). Tim kriteria 2 bisa berkolaborasi dengan standar 3 untuk memberikan penjelasan. Terkait mahasiswa profesi apoteker bisa ditanya pelaksanaan PKPA dan monitoringnya bagaimana.

    4.    Kompetensi hard skill dan soft skill apa yang pernah diperoleh misalkan pelatihan yang diikuti atau mata kuliah apa yang mendukung itu, misalnya adanya mata kuliah kewirausaan, dll. Tim kriteria 3, 4 dan 5 dapat memberikan briefing kepada mahasiswa.

     5.    Terkait layanan kepada mahasiswa, Pelayanan Bimbingan dan Konseling mahasiswa harus tau dan dapat menjelaskan bahwa untan memiliki Pusat Bimbingan & Konseling (BK) LP3M UNTAN selain itu Layanan bimbingan karir dan informasi kerja bagi mahasiswa dan alumni bursa tenaga kerja juga Untan memiliki Pusat Jasa Ketenagaakerjaan (PJK).

     6.    Jurnal perkuliahan diisi oleh mahasiswa untuk tiap mata kuliah dan ditanda tangani dosen, kemudian ada EDOM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa) diisi setiap mahasiswa mengisi LIRS (rencana studi) yang terintegtrasi dengan Sistem Akademik (SIAKAD). Lalu ada istilah RPKPS (Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester) mahasiswa harus tau kepanjangannya serta tujuannya dan pelaksanaannya seperti apa. RPKPS merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata kuliah. RPKPS dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk program studi sesuai pola pembelajaran pada setiap semester/tahun ajaran tertentu.

    7.    Bagaimana pelayanan akademik, perkuliahan dan hubungan dosen serta mahasiswa, maka ada ELOM (Evaluasi Layanan oleh Mahasiswa) yang terintegtrasi dengan Sistem Akademik (SIAKAD).

     8.    Kegiatan bimbingan akademik sebagai bentuk layanan kepada mahasiswa minimal 5 kali selama 1 semester dan kegiatan-kegiatan lain selama di PSSF dan PSPA FK Untan bisa dijelaskan oleh tim Kriteria 3.

     9.    Penting untunk diperhatikan attitude selama wawancara, sifatnya harus optimis tapi tidak terkesan dibuat-buat. Think fast, Do the best.


       Suasana belajar

       Kelengkapan prasarana dan sarana akademik

       Kepuasan belajar

       Fasilitas kemahasiswaan (asrama, klinik, fasilitas olahraga, fasilitas hiburan, dll.)

       Organisasi mahasiswa

       Layanan bantuan (bimbingan dan konseling, beasiswa, dsb.), untuk bimbingan koseling ada di Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu (LP3M) yaitu Pusat Bimbingan Konseling

       Informasi karir, pasar kerja dan pengembangan soft skill (ada di LP3M yaitu Pusat Pengembangan Karir)


LAYANAN KEPADA MAHASISWA yang harus diketahui  adalah sebagai berikut 

silahkan klik disini.


B.   ALUMNI

Alumni yang di wawancarai mesti mengetahui layanan yang diberikan kepada lulusan. LAYANAN KEPADA LULUSAN yang harus diketahui alumni adalah sebagai berikut 

silahkan klik disini.


Selanjutnya wawancara kepada alumni ini akan diklarifikasi dan konfirmasin tentang peran alumni. Misalnya

1.    Peran yang dimaksud tidak hanya ikut seminar dan lain sebagainya namun peran dalam perbaikan dan tindak lanjut hasil evaluasi kurikulum itu penting untuk dijelaskan. Maka

“pilih alumni yang tepat untuk mewakili. Pilih alumni yang dapat diandalkan dan telah bekerja yang sebidang dengan ilmunya dan tentunya memiliki skill komunikatif dan informatif”.

2.    Selanjutnya pandangan alumni terkait kompetensi yang diperoleh saat pendidikan apakah mendukung, bermanfaat dan berkorelasi dengan kompetensi di dunia kerjanya.

3.    Terkait profil lulusan (Kompetensi hard skill dan soft skill apa yang pernah diperoleh misalkan pelatihan yang diikuti atau mata kuliah apa yang mendukung kompetensi khusus itu, misalnya adanya mata kuliah kewirausahaan, dll. Tim kriteria 3, 4 dan 5 dapat memberikan briefing kepada alumni.

4.    Alumni juga bisa akan di tanya tentang himpunan atau ikatan alumni maka alumni harus mampu menjelaskan bahwa Untan memiliki Ikatna Alumni yakni IKA UNTAN (Ikatan Keluarga Alumni Universitas Tanjungpura) yang sekarang sesuai dengan SK No.     diketuai oleh H. SUtarmidji (liat boring 3). Selain itu khusus alumni S1 Farmasi Untan memiliki wadah IKAF Untan (Ikatan Keluarga Alumni Farmasi Universitas Tanjungpura) serta alumni Pedidikan Profesi Apoteker Untan mempunyai wadah IKAPA Untan (Ikatan Keluarga Alumni Profesi Apoteker Universitas Tanjungpura. 

       Apakah pernah prodi mengundang anda?

       Jika iya, dalam rangka apa?

       Jawab:

-       dalam rangka workshop penyusunan visi misi atau revisi kurikulum

-       dalam rangka penerimaan mahasiswa baru diminta sebagai narsum

-       dalam dies sebagai narsum (kegiatan sosial, olah raga, donor darah, dll)

-       Apakah Sudara pernah mengisi Tracer study (kuisioner pelacakan lulusan)

-       Apakah ada Ikatan Alumni, apa Namanya, apa kegiatannya

-       Apakah yang bisa Saudara sarankan untuk Prodi, misalL ditambah jam praktek, diperbanyak soft skill, diperbanyak materi dalam Bahasa Inggris

Alumni aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan akdemik non akademik seperti berikut ini

Silahkan klik disini. 


C.   PENGGUNA

Cari stake holder / user / pengguna lulusan yang benar-benar menggunakan alumni/lulusan kita. Pilih alumni yang bekerja dibidang ilmu yang sesuai dan memiliki pengalaman kerja dan dapat diandalkan.

        Bapak pimpinan di Lembaga apa?

       Ada berapa alumni prodi farmasi?

       Bagaimana kompetensi alumni …

       Bagaimana dengan  intergritas, etika, dan  moral

       Bagaimana kemampuan kerjasama dalam tim

       Bagaiaman kemampuan komunikasi

       Apakah kelebihan

       Apa kekurangan

       Adakah yang mencirikan alumni ……, misal: ulet, dll

       Apa saran untuk prodi ….


D. DOSEN

Wawancara kepada dosen juga merupakan bagian dari proses konfirmasi dan menggali informasi yang dituangkan dalam kriteria atau boring akreditasi. Penting untuk memilih dosen yang tepat, memiliki skill komuniasi lancar dan perlu diingat bahwa proses wawancara akreditasi ini bukan saat yang tepat untuk jor-joran atau ajang curhat pak Oramahi menjelaskan. 

Selain itu, dapat di tunjuk dosen yang faham dan pernah terlibat aktif sebagai ketua jurusan, prodi, penjamin mutu dll. Selain itu, dosen dapat menjelaskan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan itu melibatkan mahasiswa. Serta Beban Kerja Dosen (BKD) 12-16 SKS. 

Terkait sarana-prasarana juga akan ditanyakan. Ditanya ruang dosen seperti apa, berdesakan atau tidak, privasi tidak saat bimbingan, hal ini juga biasa dikonfirmasi asesor. Selain itu terkait standar ruangan idealnya 4 m2 maka pilih ruang dosen yang ideal untuk di deskripsikan. Fotolah ruangan yang memeuhi standar 1 ruangan untuk 1 dosen atau 1 ruangan untunk 2 dosen dan memiliki sekat ideal yang tinggi dan menjamin privasi dan konsentrasi saat bimbingan. 

Untuk sarana dan prasarana videokan ruangan yang terbaik dan menjadi unggulan dan ideal kondisinya untuk mewakili visitasi asesor secara daring sebagai penganti inspeksi langsung ke lapangan. Jangan tampilkan video profil yang tidak baik. Terkait sarpras kriteria 6 misalnya hal ini penting untuk di perhatikan.

 

       Kepemimpinan (penilaian terhadap dekan dan kaprodi); pada kepemimpinan operasional, organisasi dan publik)

       Suasana kerja (fasilitas)

       Hubungan dengan pimpinan dan sesama anggota

       Beban kerja (ideal 12-13 sks)

       Sistem kesejahteraan, termasuk penggajian/honor (insentif)

       Masalah akademik lain yang relevan

       Prasarana dan sarana akademik

       Pelayanan administrasi terhadap dosen (kenaikan pangkat, penelitian, dll)

E. TENDIK

Tendik (tenaga kependidikan) juga menjadi sasaran dalam wawancara asesor. Pilih tendik yang mampu menjelaskan tupoksi tendik dengan baik. Pertanyaan lain bisa jadi tentang hal tak terduga yang kurang dikuasai misalnya bagaimana proses pengusulan pangkat, evaluasi terkait hasil fasilitas dan sarana prasarana, sebagai contoh apakah kampus memiliki fasilitas untuk disabilitas atau orang berkebutuhan khusus/orang dengan kursi roda, dll seperti toiletnya, tangganya, atau bahkan bangku khusus untuk mahasiswa yang menulis dengan tangan kiri/kidal apakah tersedia?, selain itu jumlah toilet atau kondisi toilet untuk menggali sarana prasarana yang ditulis di boring apakah baik atau tidak. Intinya tunjukkan yang terbaik dan bukan ajang untuk curhat. 

  

Ka. TU, Kasubag, laboran, operator

-       Seputar Tupoksi

-       SKP

-       Kenaikan pangkat

-       Kepuasan

-       Terkait pelayanan tri dharma (Pendidikan/pengajaran, penelitian, dan PkM)


F. ORANG TUA

Orang tua ini sebelumnya tidak dilibatkan dalam wawancara namun informasi terakhir orang tua bisa dilibatkan dalam wawancara. Penting untuk melakukan briefing kepada orang-orang yang akan diwawancarai agar satu pemahaman dan persepsi terkait isi kriteria/borang akrediatasi yang telah ditulis dengan antisipasi pertanyaan untuk mengkonfirmasi atau klarifikasi isi borang tersebut. Kita khawatif orang yang dipilih dalam wawanacara tidak mampu memberikan keterangan yang tepat padahal sesungguhnya diborang ada diungkapkan dan kenyataannya memang ada terlaksana dilapangan. 

Oleh karena itu, khusus orang tua misalnya pilih yang anaknya memiliki prestasi yang lumayan agar orang tua memiliki kebanggaan dengan hasil pendidikan anaknya misalnya yang memiliki IPK tinggi atau pilih orang tuan yang anaknya sudah hamper selesai atau hanya proses menyelesaikan skripsi. Jangan pilih orang tua yang masa studi anaknya lama/panjang agar tidak menjadi ajang curhat orang tua yang tidak pada tempatnya. Hehe…

  

G. PIMPINAN PROGRAM STUDI

       Suasana kerja

       Hubungan pimpinan dan bawahan

       Hubungan antara sesama sivitas akademika

       Beban kerja

       Sistem kesejahteraan, termasuk penggajian/honor

       Kelengkapan prasarana dan sarana

Pertanyaan lain yang mungkin muncul misalnya bagaimana penggunaan jurnal untuk aspek kebermanfaatannya???

Kriteria 5 misalnya peninjauan kurikulum bagaimana prosesnya dan apakah melibatkan dan menerima masukan dari stake holder, mahasiswa serta ada kontribusi alumni?

 

Untuk prodi S2 misalnya apakah ada orang lain selain kaprodi yang masuk menjadi tim penjamin mutu tesis?

 

Tips lain yang penting adalah:

Jangan menjawab apa yang tidak ditanya, karena setiap jawaban akan berkembang menjadi pertanyaan baru untuk dikejar terus.

 

Untuk asesmen lapangan secara daring disarankan orang-orang yang akan diwawancarai dikumpulkan di kampus dalam satu ruangan untuk antisipasi segala macam kendala teknis jika dilaksanakan dari rumah mereka masing-masing.

Menurut pak Herry Sujani, Untan memiliki sistem untuk asesmen akreditasi yaitu http://aipt.untan.ac.id untuk username dan password dapat didapatkan di UPT TIK atau menghubungi beliau. Didalamnya juga terdapat borang elektronik untan dan berkas-berkas lain yang bisa diunduh dan kita dapat mengunduh file-file di laman tersebut.

7. VIDEO TESTIMONI MAHASISWA & ALUMNI

Terima kasih atas kesediaannya rekan-rekan mahasiswa dan alumni demi akreditasi Jurusan Farmasi baik Prodi S1 Farmasi dan Profesi Apoteker FK UNTAN.

Mohon kepada Mahasiswa dan Alumni berpartisipasi dalam pembuatan testimoni dengan merekam diri dan selanjutnya bisa dikirimkan ke grup dan akan di edit oleh tim editing video dan upload ke youtube dalam rangka bersama menyukseskan Akreditasi 23-24 November 2020.

Terima kasih sekali kami ucapkan jika video dapat dikirim dalam 2 atau 3 hari ini. Doa kami semoga rekan-rekan mahasiswa dan alumni sukses ditempat masing-masing.

 

MAHASISWA

 

Mahasiswa aktif yang memiliki prestasi dan kemampuan komunikasi baik

Kategori Prestasi

IPK Tinggi

Penelitian, Karya Ilmiah, PKM (Prestasi Nasional, pimnas dll)

Prestasi internasional pertukaran mahasiswa ke Prancis, pimnas dll

Organisasi BEM, HMF, UKM minat, bakat & keagamaan & prestasi akadmeik non akademik)

Minat bakat: olah raga, seni, keagamaan, duta (akademik dan nonakademik)

 

KISI KISI TESTIMONI

 

1.    Nama

2.    Mahasiswa Prodi S1 Farmasi atau Profesi Apoteker Untan

3.    Angkatan

4.    Ceritakan prestasi Akademik dan/atau Non-Akademik yang pernah diraih atau soft skill yang dimiliki misalnya:

a.    IPK tinggi

b.    Penelitian & Karya Ilmiah, PKM

c.    Wirausaha

d.    Aktif organisasi (BEM, HMJ, UKM minat, bakat dan keagamaan)

e.    Prestasi minat bakat keagamaan: olahraga seni, duta, dll

f.     Prestasi nasional/internasional: Pertukaran mahasiswa dalam/luar negeri

5.    Ceritakan pelayanan yang diperoleh mahasiswa misalnya pelayanan bimbingan dan konseling (PA), ada siakad, ada bimbingan konseling LP3M Untan, ada pusat jasa ketenagakerjaan (PJK) untan dll, kegiatan-kegiatan seperti stadium general, matrikulasi, pelayanan minat dan bakat/ekstrakurikuler atau kegiatan kemahasiswaan dikampus, KKL, pharmasport, fatari, paduan suara/koor, Design Sharing and Learning, dll

6.    Ceritakan pembinaan soft skill yang pernah didapatkan misalnya Pelatihan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah, journal club, eureka, inhalasi, school of kastrat, Patient Counseling Community, Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan, PHARMA PRENEUR (Pharmacy Expo), Kalimantan Regional Pharmaceutic Leadership Forum (K-RPLF)

7.    Kuliah Perdana Mahasiswa Baru dan Sosialisasi Tata Tertib dan Etika Kehidupan Kampus mahasiswa profesi apoteker.

8.    Layanan dan informasi beasiswa.

9.    Layanan Kesehatan (klinik pratama, RS pendidikan untan)

10. Mahasiswa apoteker dapat juga menceritakan mulai dari pelayanan saat pendaftaran PMB, apa saja tahapnya misalnya tes administrasi, ujian tulis CBT, ujian wawancara sampai simulasi OSCE, lalu pengumuman kelulusan misalnya melalui website FK Untan, lalu menceritakan kegiatan stadium general, matrikulasi, kemudian perkuliahan, metode dan sistem perkuliahan, pembekalan PKPA, TO UKAI, TO OSCE dan pendampingan retaker UKAI, serta bimbingan akademik dan pelayanan lainnya yang didapat selama pendidikan, beasiswa, kegiatan PKM mahasiswa profesi dan penting juga menceritakan kenapa memilih masuk prodi profesi apoteker UNTAN dan masuk prodi farmasi untan bagi S1 farmasi untan.

11. Dll

 

NB: Jual potensi diri dan ceritakan hal positif kampus yang mencetak mahasiswa menjadi berprestasi

 

ALUMNI

 

S1 Farmasi

Misalnya dari representative pekerjaan kefarmasian di

Dinas Kesehatan Pontianak (PNS)

Industri

Owner Apotek

BBPOM Pontianak

Rumah Sakit

Beasiswa S2 LPDP

 

Profesi Apoteker

 

PBF

Apotek (APA atau Owner/PSA)

Dinas Kesehatan

Industri

Rumah Sakit

Pemerintahan

 

KISI-KISI TESTIMONI

 

1.    Nama

2.    Asal alumni Prodi S1 Farmasi atau Profesi Apoteker Untan

3.    Angkatan

4.    Tahun masuk dan lulus tahun

5.    Kegiatan-kegiatan yang dilakukan/pelatihan/dll selama bekerja

6.    Ceritakan pengalaman kerja sesuai jurusan

7.    Ceritakan posisi/jabatan di pekerjaan

8.    Ceritakan hal positif dari kurikulum atua proses pembelajaran yang berhubungan dan mendukung kompetensi pekerjaan

9.    Ceritakan mata kuliah atau pelatihan yang diikuti selama menjadi mahasiswa yang mendukung kompetensi khusus didunia kerja

10. Ceritakan prestasi yang pernah diraih atau soft skill yang dimiliki

11. Ceritakan pelayanan yang diperoleh alumni misalnya adanya wadah alumni IKAF IKAPA ada kegiatan temu alumni bersama HMF, Pembekalan Mahasiswa yang Baru Disumpah oleh Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (POPCA), dll

12. Ceritakan Alumni ada dilibatkan menjadi preceptor klinik PKPA, PKL dll\

13. Ceritkan Alumni ada yang dilibatkan menjadi narasumber kegiatan misalnya Stadium General dll

14. Alumni memiliki Wadah alumni IKA UNTAN untuk alumni untan dan IKAF untuk alumni S1 Farmasi dan IKAPA untuk alumni apoteker untan dibawah payung hukum IKA Untan.

15. Ceritakan Kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan bersama-sama antara alumni yaitu dengan dilakukan kegiatan temu alumni pada tahun 2018 dimana kegiatan ini penggalangan dana, bakti sosial, bekerjasama dengan HMF dan ikatan alumni PSSF dan PSPA.

16. Alumni terlibat dalam evaluasi kurikulum, Alumni diundang kekampus terkait evaluasi kurikulum dll Pembahasan Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi terhadap Umpan Balik Hasil Studi Pelacakan Evaluasi Kinerja Lulusan  PSSF dan PSPA oleh Pihak Pengguna Lulusan.

17. Ceritakan Layanan informasi kesempatan kerja di berbagai instansi pemerintah/swasta. Untan memiliki Pusat jasa ketenagaan/PJK: http://www.careercenter.id/pjk-untan-profile

18. Membentuk wadah untuk mengumpulkan informasi tentang kesempatan kerja dan membantu lulusan memperoleh pekerjaan (job placement center). Untan memiliki sistem informasi kemahasiswaan dan alumni untuk memberikan informasi dan wadah komunikasi termasuk informasi lowongan kerja oleh alumni yang dapat diakses melalui http://simalum.untan.ac.id

19. dll

 

NB: Jual potensi diri dan ceritakan hal positif kampus yang mencetak mahasiswa menjadi berprestasi.

 

Untuk alumni di industry atau ditempat kerja selain industri lain boleh testimony sambil ngevlog berkeliling ditempat kerjanya.

Teman-teman seperjuangan yang ingin berbagi tips dan masukan tambahan terkait persiapan menghadapi visitasi akreditasi bisa menambahkan di komentar...

 

Semangat akreditasi, semangat berjuang, semangat meningkatkan kualitas, semangat bersinergi dan bekerja sama dalam tim.

 

Wassalaam...

Salam semangat.


_by: HK_

Hadi Kurniawan Apt
Hadi Kurniawan Apt Just Cool Just Smile

No comments for "Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi, Tips dan Trik serta Kisi-Kisi Pertanyaan dalam Pendampingan "