Widget HTML Atas

Nilai Berita dan 5W+1H PERDANA: PD IAI KALBAR Sukses Selenggarakan POPCA 2020

 

TUGAS Pretes Workshop Jurnalistik Batch #1

“Nilai Berita dan 5W+1H”

Berita: http://hadikurniawanapt.blogspot.com/2020/06/pd-iai-kalbar-berkolaborasi-dengan-pp.html

Nama Peserta/Utusan:                

PD_Kalimantan Barat_apt. Hadi Kurniawan, S.Farm., M.Sc.

=======================================================

A.  Membedah Elemen 5W+1H

Elemen 5W + 1H

Uraian

What

Telah terselengara kegiatan POPCA (Pengenalan Organisasi dan Pembinaan Calon Anggota).

Who

Penyelenggara kegiatan PD IAI Kalbar berkolaborasi dengan PP IAI dengan peserta adalah lulusan baru apoteker sebagai calon anggota organisasi profesi.

Peserta merupakan lulusan program studi pendidikan profesi apoteker Universitas Tanjungpura.

When

27 Juni 2020

Where

Online zoom

Why

Dilaksanakan online karena pandemic covid-19.

Kegiatan ini wajib bagi lulusan baru karena calon Apoteker harus mengenal organisasi profesinya serta pelayanan organisasi kepada anggota.

Sehingga melalui kegiatan ini apoteker sebagai anggota organisasi memahami hak dan kewajibannya sebagai anggota.

How

Kegiatan POPCA secara online dengan muatan materi pengenalan organisasi IAI dan Pelayanan Anggota, Inspirasi dan meningkatkan Branding Image Apoteker dan eksistensi Organisasi IAI, serta Kode Etik & Disiplin Apoteker Indonesia.

 

B.   Nilai Berita (News Values)

Terselengaranya kegiatan POPCA bagi calon anggota organisasi IAI secara online di media bisa termasuk rubrik teknologi dan ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan saat pandemi Covid-19 terjadi pergeseran disegala sektor termasuk perlu alternatif kegiatan agar tetap terlaksana namun dengan tidak melanggar protokol kesehatan yang ditetapkan saat itu.

Mengapa POPCA secara online ini menarik dan penting untuk ditulis, karena kegiatan ini wajib bagi lulusan baru karena calon Apoteker harus mengenal organisasi profesinya serta pelayanan organisasi kepada anggota, sehingga calon anggota organisasi memahami hak dan kewajibannya. Disaat yang sama karena pandemi covid-19, peraturan PPKM diterapkan, pembatasan kegiatan dan protocol kesehatan yang harus ditegakkan sehingga dibutuhkan alternative kegiatan dengan pengembangan dan pemanfaatan perangkat teknologi sehingga dilaksanakan alternative kegiatan secara online yang dikemas sedemikian rupa berkolaborasi dengan tim IT PP IAI sehingga kegiatan ini terselenggara tanpa mengurangi esensi dari tujuan dan urgensinya.

Nilai Berita:

ü  Nilai berita No. 1 (saat itu), yakni alternatif kegiatan yang memiliki kebaruan atau aktual, walaupun saat ini sudah bukan hal baru lagi.

ü  Nilai berita No. 3 (dampak/impact) seperti dampak kenyamanan secara online;  

ü  Nilai berita No. 9, saat berita ini di posting 2020 merupakan hal yang pertama kali dilaksanakan oleh PD IAI Kalbar sebagai solusi dan alternatif kegiatan di masa pademi Covid-19 saat digaungkannya Work and Study from Home (WFH atau SFH).

 

 

 

 

Menuliskan Kembali Tugas/Pretes Berita atau Reportase:

 

PERDANA: PD IAI KALBAR Sukses Selenggarakan POPCA 2020

Klik link berikut: https://youtu.be/X-XqKYsQ6-o

Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia wilayah Kalimantan Barat berkolaborasi (PD IAI Kalbar) dengan Pengurus Pusat (PP) IAI, Sukses Selenggarakan POPCA Online perdana. Kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan secara tatap muka. Namun karena di masa Pandemi Covid-19, peraturan pembatasan kegiatan dan PPKM diterapkan, Work and Study from Home (WFH dan SFH), dan protocol kesehatan yang harus ditegakkan sehingga dibutuhkan alternatif kegiatan dengan pengembangan dan pemanfaatan perangkat teknologi. Oleh karenanya dilaksanakan alternative kegiatan secara online yang dikemas sedemikian rupa berkolaborasi dengan tim IT PP IAI sehingga kegiatan ini terselenggara tanpa mengurangi esensi dari tujuan dan urgensinya.

Kegiatan POPCA sukses dan berhasil terselenggara pada tanggal 27 Juni 2020. Walaupun kegiatan dilaksanakan secara online melalui zoom namun tetap diupayakan tanpa mengurangi esensi dari kegiatan tersebut. POPCA atau Pengenalan Organisasi dan Pembinaan Calon Anggota adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Sasaran peserta kegiatan ini adalah lulusan baru apoteker sebagai calon anggota organisasi profesi. Peserta merupakan lulusan program studi pendidikan profesi apoteker Universitas Tanjungpura. Apoteker baru ini diwajibkan untuk mengikuti kegiatan POPCA. Hal ini dikarenakan, calon Apoteker harus memahami organisasi profesinya. Selain diberikan pengenalan organisasi profesi IAI dan profesi apoteker itu sendiri, juga disosialisasikan pelayanan organisasi kepada anggota. Sehingga melalui kegiatan ini apoteker sebagai anggota organisasi memahami hak dan kewajibannya sebagai anggota.

Klik link berikut: https://youtu.be/GoPYov3_rMg

Kegiatan POPCA ini diselenggarakan agar memberikan Inspirasi dan meningkatkan Branding Image Apoteker dan eksistensi Organisasi IAI khususnya untuk wilayah Kalimantan Barat sehingga dikenal secara luas oleh calon apoteker dan/atau apoteker baru yang diharapkan berimplikasi pada meningkatnya profesionalisme profesi dan rasa memiliki terhadap organisasi tempat profesi bernaung yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi apoteker karena kontribusinya di bidang kesehatan.

Klik link berikut: https://youtu.be/DE2oUizIIvc

Dalam kegiatan POPCA ini selain diberikan Pengenalan Organisasi juga sebagai wadah Pembinaan Calon Anggota terutama Kode Etik & Disiplin Apoteker Indonesia.

Klik link berikut: https://youtu.be/KVYNDWzqH1g

Harapan akan apoteker-apoteker: menjadi apoteker yang baik, professional dan bertanggung jawab serta berpegang teguh atas janji/sumpah yang telah diucapkan sebagai wujud rasa syukur atas anugrah besar yang Allah SWT amanahkan. Selain itu, berpraktik sesuai bingkai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Kode Etik Apoteker Indonesia sehingga menjadi seorang professional yang beriman dan bertakwa serta berbudi luhur sehingga pada akhirnya menjadi kebanggaan khususnya memajukan Kalimantan Barat. Semoga kita dapat menjaga nama baik diri, keluarga, almamater Untan kapan dan dimanapun. Tentunya menjaga marwah dan martabat profesi. (HK)

Hadi Kurniawan Apt
Hadi Kurniawan Apt Just Cool Just Smile

No comments for "Nilai Berita dan 5W+1H PERDANA: PD IAI KALBAR Sukses Selenggarakan POPCA 2020"