Widget HTML Atas

Analisis Penyebab Masalah Isu Metode Fish Bond

 

Analisis Penyebab Isu

Hadi Kurniawan


Setelah mendapatkan isu terpilih, penulis melakukan proses analisa sebab-akibat menggunakan Diagram tulang ikan/Fishbone terhadap isu yang terpilih. Diagram Fishbone diperkenalkan oleh Dr. Kaoru Ishikawa, seorang ahli pengendalian kualitas dari Jepang. Analisa menggunakan diagram ini dilakukan untuk mengetahui sejumlah faktor yang menjadi penyebab munculnya isu yang terpilih dan untuk mengetahui hubungan faktor sebab akibat dari munculnya isu tersebut. Berikut adalah analisis masalah/isu dalam diagram tulang ikan / Fishbone:

Gambar . Teknik Analisis Fish Bone

Untuk menindaklanjuti isu ini, penulis akan memberikan solusi berupa pembuatan video tutorial pembelajaran Praktikum Pengantar Analisis Farmasi dengan memanfaatkan alat-alat dan bahan yang ada di Laboratorium Kimia Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

Cara ini diharapkan mampu mengoptimalkan pembelajaran Praktikum Pengantar Analisis Farmasi di masa pandemi Covid-19 sehingga pembelajaran jarak jauh secara daring dan virtual dapat terlaksana dengan baik dengan tanpa mengurangi tujuan praktikum yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam penerapan dasar ilmu analisis farmasi yang menjadi landasan penguasaan bidang ilmu kefarmasian terutama yang terkait dengan pekerjaan keahlian dasar di laboratorium melalui praktikum sekaligus memberikan gambaran mengenai penerapan teori dalam mata kuliah yang mereka pelajari. Dalam hal ini dosen dapat malakukan tutorial secara virtual kepada mahasiswa untnuk mengenal alat dan cara menggunakan serta teknik dasar analisis kuantitatif konvensional khususnya titrasi netralisasi (asidi-alkalimetri). (HK)

 

Hadi Kurniawan Apt
Hadi Kurniawan Apt Just Cool Just Smile

No comments for "Analisis Penyebab Masalah Isu Metode Fish Bond"