Widget HTML Atas

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN JAMU SERBUK INSTAN SEBAGAI IMUNOSTIMULAN UNTUK MASYARAKAT DESA TEBANG KACANG SUKSES DISELENGGARAKAN OLEH TIM DOSEN FARMASI UNTAN

 

 

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN JAMU SERBUK INSTAN SEBAGAI IMUNOSTIMULAN UNTUK MASYARAKAT DESA TEBANG KACANG SUKSES DISELENGGARAKAN OLEH TIM DOSEN FARMASI UNTAN

 

 


TheTanjungpuraTimes.Com KUBU RAYA – Rabu, 9 Agustus 2023 telah sukses dilaksanakan pelatihan dan pendampingan pembuatan jamu serbuk instan sebagai imunostimulan untuk masyarakat Desa Tebang Kacang, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan diprakarsai oleh sejumlah tim dosen dan mahasiswa Farmasi Universitas Tanjungpura (UNTAN). Peserta sangat antusias dan proaktif mengikuti rangkaian kegiatan demonstrasi pembuatan produk herbal.

 

Masyarakat Desa Tebang Kacang banyak yang berpencaharian sebagai petani/pekebun menyebabkan banyaknya hasil buah maupun sayuran yang menjadi komoditi pertanian. Hasil perkebunan atau pertanian tersebut belum dimanfaatkan untuk dapat dikonsumsi dan diolah dengan menarik sebagai suatu produk makanan dan cemilan yang sederhana, murah dan sehat. Tanaman lainnya sebagai hasil dari vegetasi daerah Desa Tebang Kacang seperti jahe, kopi, padi, ubi kayu, paku-pakuan, nipah dan beberapa tanaman lainnya belum dimanfaatkan sebagai tanaman yang dapat digunakan dalam pengolahan sebagai obat herbal yang dapat dikonsumsi secara tepat.

 

Disamping itu, jumlah tenaga kesehatan di Desa Tebang Kacang relatif kurang salah satunya disebabkan faktor transportasi untuk mencapai daerah tersebut seperti  dalam akomodasi pengadaan obat-obatan pada fasilitas kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Akses transportasi yang tidak mudah dilalui menuju Desa Tebang Kacang memberikan pengaruh pada fasilitas dan pengadaan kebutuhan kesehatan. Hal ini melatarbelakangi tim untuk memberikan upaya lain yang perlu dilakukan untuk dapat mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat Desa Tebang Kacang.




Edukasi swamedikasi (pengobatan mandiri) merupakan salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar dapat memiliki pengetahuan sehingga dapat mengenali penyakit ringan (minor illness) dan mampu mengobati diri sendiri secara tepat menggunakan obat yang tepat sesuai dengan gejala yang dirasakan. Swamedikasi memberikan alternatif bagi masyarakat agar dapat memiliki pengetahuan umum mengobati diri sendiri dengan tepat untuk mengatasi beberapa penyakit ringan yang dialami. Swamedikasi yang diberikan tidak terbatas pada penggunaan obat sintesis namun juga penggunaan obat herbal atau obat tradisional.

 

Masyarakat di Desa Tebang Kacang belum mengenal tanaman apa saja di sekitar wilayah mereka yang memiliki khasiat sebagai imunostimulan dan belum terampil mengelola tanaman obat atau rempah-rempah tersebut menjadi produk jamu serbuk instan. Selain itu, masyarakat yang sudah mengenal tentang tanaman obat atau rempah-rempah terbiasa mengolahnya secara tradisional menjadi jamu godok (rebusan). Masyarakat belum memiliki keterampilan mengolah tanaman obat tersebut menjadi produk yang lebih awet dan berkhasiat, yaitu produk serbuk instan.




Berlandaskan dari permasalahan di Desa Tebang Kacang ini membuat tim ingin memberikan kontribusi nyata melalui program Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh program studi Farmasi UNTAN, yaitu edukasi tentang pemanfaatan tanaman obat sebagai peningkat daya tahan tubuh serta pelatihan dan pendampingan proses pengolahan tanaman obat dan rempah-rempah menjadi jamu serbuk instan yang dikemas dengan lebih praktis, mudah larut dalam air, praktis dalam penyajian dan memiliki daya simpan lebih lama. Narasumber kegiatan ini adalah Dr. apt. Isnindar, M.Sc. serta apt. Sri Luliana, M.Farm. selaku instruktur dalam mendemonstrasikan pembuatan produk serbuk instan Meniran Jahe (MenJa).




Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

1.      Memberikan informasi tentang tanaman berkhasiat imunostimulan yang dapat di temukan di sekitar wilayah Desa Tebang Kacang dan dapat dibudidayakan menjadi Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

2.      Memberikan informasi dan pengetahuan tentang proses pengolahan tanaman obat untuk menjadi jamu serbuk instan.

3.      Menjelaskan manfaat dan efek samping dari tanaman obat atau rempah-rempah.

4.      Menjelaskan formula jamu serbuk instan dan melakukan pendampingan pembuatan produk serbuk instan dengan metode rekristalisasi gula.

5.      Membagikan produk serbuk instan yang telah diolah dan di kemas.

 

Kegiatan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan masyarakat Desa Tebang Kacang dalam hal proses mengolah, memformulasi dan mengetahui fungsi atau khasiat pada pembuatan produk jamu serbuk instan dari tanaman obat. Pengetahuan ini juga bermanfaat sebagai usaha diversifikasi pangan sehingga dapat memperkaya penyajian, citarasa dan umur simpan produk bahkan sebagai  salah satu peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

 



Tim dosen Farmasi UNTAN yang terlibat ini diketuai oleh apt. Dr. Hariyanto IH, M.Si. dengan anggota tim yaitu apt. Dr. Isnindar, M.Sc., apt. Dr. Siti Nani Nurbaeti, M.Si.,  dan apt. Sri Luliana, M.Farm. Mahasiswa farmasi UNTAN turut terlibat aktif dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

 

Kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan produk herbal yang dilakukan diawali dengan pretes untuk mengetahui kemampuan awal peserta, selanjutnya diberikan edukasi berupa penyampaian materi, pelatihan dan pendampingan/demonstrasi pembuatan jamu serbuk instan serta diskusi dan tanya jawab. Kegiatan diakhiri dengan sesi postes untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan peningkatan pengetahuan peserta sebelum dan setelah kegiatan. Melalui kegaitan ini didapatkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat desa tebang kacang dalam pembuatan produk jamu serbuk instan dari tanaman obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (HK)


 

                             

Hadi Kurniawan Apt
Hadi Kurniawan Apt Just Cool Just Smile

No comments for "PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN JAMU SERBUK INSTAN SEBAGAI IMUNOSTIMULAN UNTUK MASYARAKAT DESA TEBANG KACANG SUKSES DISELENGGARAKAN OLEH TIM DOSEN FARMASI UNTAN"