Widget HTML Atas

KRITERIA MEMILIH PASANGAN HIDUP



KRITERIA MEMILIH PASANGAN HIDUP
Ditulis oleh: Hadi Kurniawan, S.Farm., Apt.

Maha suci Allah yang telah menciptakan manusia berpasang-pasangan serta menanamkan rasa cinta kasih dalam hati manusia. Tak sedikit nikah tlah membuat orang galau dan resah gelisah. Semua kan tiba tepat pada waktunya.
Pernikahan perlu difahami dan dipersiapkan sejak dini. Pernikahan bukan sekedar penyatuan dua insan, dua hati dan dua jiwa. Bukan pula sekedar berkumpul 2 keluarga besar. Namun lebih dari itu semua. Nikah memiliki visi misi besar membina rumah tangga yang merupakan bagian dari proyek pondasi peradaban. Sehingga menjadi bagian dari upaya menyiapkan generasi madani/rabbani/qurani generasi dakwah untuk membangun keluarga barokah. Dengannya dakwah kan semakin kokoh.
“Semoga Allah SWT menghimpun yang terserak dari keduanya memberkati mereka berdua, meningkatkan kualitas keturunannya sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu dan hikmah serta pemberi rasa aman bagi umat.” (Doa Nabi Muhammad SAW, pada pernikahan Fatimah Az Zahra dengan Ali bin Abi Thalib)

Menyegerakan menikah baik namun bukan tergesa-gesa. So, persiapkanlah!!!
An-nikaahu miftahur rizki  “Menikah adalah kunci rezeki”!!!

Pernikahan membenturkan idealitas dengan realitas,
Kedewasaanlah yang menyatukan keduanya…

“Apabila datang kepada kalian orang yang kalian sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia. Jika tidak kalian lakukan, aka nada fitnah (petaka) dan kerusakan”  [H.R. At Tirmidzi]

“Wahai para pemuda, barangsiapa diantara kalian yang memiliki ba’ah (kemampuan), hendaklah ia menikah. Sesungguhnya pernikahan itu lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa sebab berpuasa merupakan wija’ (penjaga) baginya”. [H.R.. Al-Bukhari dan Muslim]

4 Kriteria Dasar
Dari Abi Hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena agamanya, nasabnya, hartanya dan kecantikannya. Maka perhatikanlah agamanya kamu akan selamat (H.R. Bukhari, Muslim).

Kesuburan
Nikahilah wanita yang banyak anak karena Aku berlomba dengan nabi lain pada hari kiamat (H.R. Ahmad dan dishahihkan oleh Ibnu Hibbam).
Dari Abi Umamah bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Menikahlah, karena aku berlomba-lomba dengan umat lain dalam jumlah umat. Dan janganlah kalian menjadi seperti para rahib nasrani (H.R. Al-Baihaqi).


Karakteristik calon suami sholeh:
1.      Sholat subuh berjamaah di masjid;
Karena salah satu cirri orang munafik adalah sulit solat Isya dan Subuh. Kenapa harus sholeh???
Karena dengan kesholehan:
a.      Terciptanya ketenangan/ketentraman (Ar Rum:21),
b.      Mengajak/menuntun ke syurga,
c.       Bibit bagi generasi rabbani/qurani/madani yang sholeh (dapat menjadi passive income).
2.      Laki-laki benaran;
Yakni laki-laki pemberani dan independen/mandiri. Berani ketika ditantang menemui Bapak si perempuan untuk membicarakan pernikahan, kemudian tidak merokok. Pria merokok berarti tidak merdeka dan tidak terbebas dari sebuah benda kecil, memiliki ketergantungan terhadap benda sepuntung, alias tidak mampu mengendalikan diri hanya untuk menghindari ketagihan akibat rokok.
3.      Bertanggung jawab
4.      Memiliki semangat dalam berilmu dan berdakwah.

Mengenal Calon Pasangan
Mendapatkan Informasi Dasar
Melihat langsung
Apabila salah seorang di antara kamu hendak meminang seorang perempuan, kemudian dia dapat melihat sebahagian apa yang kiranya dapat menarik untuk mengawininya, maka kerjakanlah (H.R. Ahmad dan Abu Daud).
Dari Abu Hurairah RA. Bahwa Nabi SAW bertanya kepada seseorang yang hendak menikahi wanita,”Apakah kamu sudah pernah melihatnya?”
“Belum”, jawabnya. Nabi SAW bersabda,”Pergilah melihatnya dahulu”. (H.R. Muslim)

Adab-adab Taaruf:
1.      Memilih pasangan sholeh.
2.      Tidak menerima pinangan setelah menerima khitbah (khusus akhwat), bagi ikhwan sebaiknya tidak mnyebar  pinangan kebanyak akhwat. Secara etika/adab/akhlak sebaiknya selesaikan urusan dengan 1 akhwat jika ditolak baru pindah ke akhwat lain.
3.      Tidak berkhalwat.
4.      Lewat bantuan orang lain yang terpercaya (isi biodata, dll).
5.      Menjaga lisan (tidak memancing sahwat, member harapan, tidak tegas).
6.      Berdandan secara wajar, dan tidak tabaruj (Q.S. Al-A’raf: 26).

Kenapa tidak ada yang mendekat?
Tetaplah yakin dan berbaik sangka kepada Allah. Karena Allah sesuai prasangka hambanya. Namun kita tetap harus berikhtiar, dan mengintrospeksi diri kenapa jodoh tak kunjung dating.
1.      Mungkin kita belum menjemput secara maksimal
2.      Penampilan kita kurang menarik, tetap harus syari
3.      Bicara ceplas ceplos

Semakin dekat hari pernikahan, maka setan menghembuskan keragu-raguan dan was-was. Karena setan sangat tidak senang melihat manusia terikat dalam jalinan pernikahan. Karena dengan menikah menggenapkan ½ agama. Bahkan 2/3 agama jika 1/3 sisanya kita bertakwa maka genap 100% agama kita.

“Apabila seorang hamba menikah, ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Maka, hendaklah ia bertakwa kepada Allah pada separuhnya lagi” [H.R. Al-Hakim dan Al-Baihaqi]

“Apabila wanita shalat lima waktu, puasa Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mennatai suaminya, niscaya diserukan kepadanya: Masuklah ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai”. [H.R. Ibnu Hibban, Ahmad dan Ath Tabrani].

Mari pantaskan diri kita!!!
“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)”.
[An Nur:26]


Sumber:
1.        1. Sekolah Nikah Islami SAMARA Wedding Organizer (HIAS MISLIM):
a.        Ust. Sholihun  
b.        Adi Abdillah
2.      2.  Suyanto, E., dan Tim HIMMPAS UGM, Saatnya untuk Menikah, Sejak Dini Mengumpulkan Bekal Ilmu: Buku Panduan Sekolah Pranikah dan Rumah Tangga Islami, Chapter 1, Cetakan I, Yogyakarta, HIMMPAS UGM.
Hadi Kurniawan Apt
Hadi Kurniawan Apt Just Cool Just Smile

1 comment for "KRITERIA MEMILIH PASANGAN HIDUP"

  1. Ijin share yah pak. Agar ilmunya menjadi lebih bermanfaat. Sumber akan selalu saya cantumkan.
    Terimakasih.

    ReplyDelete

Post a Comment